Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terimakasih Lebah

Di suatu hari, Budi sedang berjalan-jalan di taman bersama orang tuanya. Mereka sedang menikmati keindahan bunga-bunga yang sedang bermekaran.

Tiba-tiba, Budi melihat seekor lebah sedang berada di atas sebuah bunga. Budi menjadi takut dan segera mengusir lebah tersebut dengan tangannya.

"Ayah, lihat! Lebah itu sedang memakan bunga mawar!" kata Budi.

Ayah Budi tersenyum dan berkata, "Lebah itu tidak sedang memakan bunga, Nak. Lebah itu sedang mencari makan dengan menghisap nektar atau sari bunga."

"Nektar itu apa, Yah?" tanya Budi.

"Nektar adalah cairan manis yang terdapat di bunga," jawab ayahnya. "Lebah menghisap nektar untuk dijadikan madu."

"Oh, begitu," kata Budi. "Lalu, lebah itu tidak merusak bunga, kan?"

"Tidak, Nak," jawab ayahnya. "Justru lebah itu membantu terjadinya penyerbukan."

"Penyerbukan itu apa, Yah?" tanya Budi lagi.

"Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik, ini adalah cara perkembangbiakan pada tumbuhan berbunga" jawab ayahnya. "Penyerbukan ini sangat penting untuk menghasilkan buah dan biji."

Ibu Budi kemudian menambahkan, "Ketika lebah sedang asyik menikmati nektar akan ada serbuk sari yang menempel di tubuh lebah. Naah ,Setelah selesai menikmati nektar di bunga itu , lebah akan terbang ke bunga yang lain. Saat lebah menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya aknan jatuh ke putik bunga. lalu ternjadilah penyerbukan. Artinya tanpa lebah, penyerbukan tidak akan terjadi. Akibatnya, buah dan biji pun tidak akan dihasilkan. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya jumlah tumbuhan di dunia."

Budi menjadi paham. Ia pun merasa bersalah telah mengusir lebah tersebut. Ia berjanji untuk tidak mengusir lebah lagi.

"Maafkan aku, lebah," kata Budi. "Aku tidak tahu kalau kamu sedang membantu bunga."

Lebah tersebut tidak membalas perkataan Budi. Ia hanya terbang pergi, melanjutkan tugasnya membantu penyerbukan.

Budi dan orang tuanya melanjutkan perjalanan mereka di taman. Mereka menjadi lebih menghargai peran lebah dalam menjaga kelestarian alam.

Posting Komentar untuk "Terimakasih Lebah"