Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Bunga

Pada suatu hari, ada seorang anak laki-laki bernama Adi yang tinggal di sebuah desa. Adi sangat menyukai bunga. Ia sering melihat bunga-bunga di sekitar rumahnya, seperti mawar, melati, dan tulip.

Suatu hari, Adi dan keluarganya pergi bertamasya ke taman bunga. Adi sangat senang sekali. Ia melihat berbagai macam bunga yang indah.

Saat berjalan-jalan di taman bunga, Adi melihat sebuah bunga kertas berwarna merah yang sangat indah. Adi sangat tertarik dengan bunga itu. Ia menghampiri bunga itu dan mengamatinya dengan sangat antusias.

Ibu Adi melihat anaknya sangat tertarik dengan bunga itu. Ia pun menghampiri Adi dan menjelaskan organ-organ yang terdapat pada bunga kertas.

"Bunga kertas ini termasuk bunga sempurna," kata ibu Adi. "Bunga sempurna memiliki semua bagian, yaitu kelopak, mahkota, putik, benang sari, dan bakal biji"

"emang apa sih bu fungsi dari masing-masing bagian bunga itu?" Tanya adi pada Ibunya.

Ibu Adi pun penjelaskan dengan perlahan pada Adi.

  • "Mahkota bunga merupakan bagian yang berwarna indah, untuk menarik serangga untuk hinggap;
  • Benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga, benang sari ini nantinya akan menghasilkan serbuk sari yang akan menempel pada kepala putik;
  • Putik merupakan alat kelamin betina pada bunga, putik ini menghasilkan sel telur;
  • Bakal biji merupakan tempat tmbuhnya biji selah terjadi perkembangbiakan" 

BUNGA SEMPURNA

"Contoh lain dari bunga sempurna adalah bunga strawberi dan bunga kempang sepatu" lanjut Ibu ada


Adi mengangguk-angguk. Ia lalu bertanya kepada ibunya, "Lalu bagaimana dengan jagung, Ibu? Apakah jagung tidak memiliki bunga?"

"Jagung memiliki bunga, Adi," jawab ibu Adi. "Tapi bunga jagung termasuk bunga tidak sempurna."

"Bunga tidak sempurna memiliki hanya sebagian dari bagian bunga," lanjut ibu Adi. "Pada jagung, ada bunga jantan dan bunga betina."



Adi lalu bertanya, "Apa perbedaan bunga jantan dan bunga betina, Ibu?"

"Bunga jantan hanya memiliki benang sari, sedangkan bunga betina hanya memiliki putik," 

BUNGA TIDAK SEMPURNA

Adi semakin tertarik dengan bunga. Ia lalu meminta ibunya untuk menjelaskannya lebih lanjut. Ibu Adi pun dengan senang hati menjelaskannya kepada anaknya.

Adi sangat senang sekali belajar tentang bunga. Ia merasa bahwa bunga adalah makhluk hidup yang sangat indah dan menakjubkan.

Sejak saat itu, Adi semakin menyukai bunga. Ia sering membaca buku tentang bunga dan menonton video tentang bunga. Ia juga sering membantu ibunya merawat bunga-bunga di rumah.

Adi berharap suatu hari nanti ia bisa menjadi seorang ahli botani yang bisa mempelajari lebih lanjut tentang bunga-bunga. 

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Bunga"