Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penyebaran Biji Tumbuhan

Suatu hari di kelas 4 SD Gururaharja sedang mempelajari tentang perkembangbiakan tumbuhan. Guru mereka, Pak Raha, sedang menjelaskan tentang cara tumbuhan berkembang biak dengan biji.

"Anak-anak, tahukah kalian bagaimana cara tumbuhan bisa berkembang biak dengan biji?" tanya Pak Raha.

"Ya, Pak," jawab anak-anak serempak. "Biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru."

"Benar," kata Pak Raha. "Biji adalah alat perkembangbiakan tumbuhan. Biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru jika berkecambah. Proses perkecambahan biji dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti suhu, air, dan cahaya."

"Tapi, Pak, bagaimana caranya biji yang berada di satu tempat bisa tumbuh menjadi tumbuhan baru di tempat lain?" tanya seorang anak bernama Andi.

"Itu pertanyaan yang bagus, Andi," kata Pak Raha "Tumbuhan bisa tumbuh tersebar di berbagai tempat karena beberapa hal, bisa jadi karena bantuan angin, air, hewan, atau manusia."

"Bantuan angin?" tanya Andi. "Bagaimana caranya?"

"Beberapa biji yang kecil dan ringan, serta memiliki sayap, bulu, atau duri yang membuatnya mudah terbawa oleh angin," jelas Pak Raha. "Misalnya, biji dandelion dan biji maple. Biji-biji tersebut akan dibawa oleh angin ke udara dan akan jatuh di tempat lain. Jika tempat tersebut memiliki kondisi yang cocok, maka biji tersebut akan berkecambah dan tumbuh menjadi tumbuhan baru."

"Lalu, bagaimana dengan air?" tanya Andi lagi.

"Tumbuhan air juga bisa menyebar dengan bantuan air," kata Pak Raha. "Biji tumbuhan air biasanya memiliki bentuk yang pipih dan ringan sehingga mudah terbawa oleh air. Misalnya, biji teratai dan biji eceng gondok. Biji-biji tersebut akan terbawa oleh air ke tempat lain dan akan berkecambah jika kondisinya cocok. Selain tumbuhan yang hidup diperairan, penyebaran biji dengan bantuan air bisa juga terjadi pada tumbuhan tumbuhan yang hidup di darat yang tumbuh di dekat perairan seperti danau, pantai, dan sungai. Misalnya saja pohon kelapa yang hidup di pinggiran sungai, jika ada buah kelapa yang jatuh ke sungai dan terbawa arus, ketika sampai di tempat yang cocok untuk tumbuh maka pohon kelapapun akan tumbuh."

"Kalau dengan hewan?" tanya Andi.

"Hewan juga bisa membantu penyebaran biji tumbuhan," kata Pak Raha. "Beberapa hewan memakan buah-buahan yang mengandung biji. Biji-biji tersebut akan dikeluarkan bersama kotoran hewan dan akan jatuh di tempat lain. Jika tempat tersebut memiliki kondisi yang cocok, maka biji tersebut akan berkecambah dan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Misalnya saja biji kopi yang dimakan oleh luwak"

"Dan manusia?" tanya Andi.

"Manusia juga bisa membantu penyebaran biji tumbuhan," kata Pak Raha. "Manusia sering kali memindahkan tanaman dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, ketika kita menanam bunga di pekarangan rumah, kita memindahkan biji bunga dari tempat lain. Biji-biji tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan baru di tempat baru tersebut."

Andi pun mengangguk-angguk mengerti. Ia jadi tahu bagaimana cara tumbuhan bisa tumbuh tersebar di berbagai tempat.

"Terima kasih, Pak," kata Andi. "Saya jadi tahu banyak hal."

"Sama-sama, Andi," kata Pak Raha. "Semoga kalian semua bisa memahami materinya."

Posting Komentar untuk "Cara Penyebaran Biji Tumbuhan"