Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Tulang Daun

jenis jenis tulang daun

Pada suatu hari di sekolah dasar, Budi dan Andi, bersama teman-teman sekelasnya, sedang belajar  dengan gurunya, Pak Raha. Mereka sedang mempelajari tentang berbagai macam bentuk tulang daun dan contohnya.

Pak Raha mulai menjelaskan empat macam bentuk tulang daun yang akan dipelajari. Ia memberi contoh dan penjelasan tentang masing-masing bentuk tulang daun.

1. Tulang Daun Menyirip

Pak Raha mengeluarkan sebuah daun jati dari tasnya sebagai contoh tulang daun menyirip. "Perhatikan," kata Pak Raha, "tulang daun ini terdiri dari satu tulang utama yang bercabang ke sisi-sisi dan membentuk serangkaian anak tulang yang terhubung dengan tulang utama. kalau kita perhatikan tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip ikan. Contohnya adalah daun jati ini."

daun jati
gambar dianmbi dari https://shopee.co.id

Budi dan Andi melihat dengan seksama dan memperhatikan tulang daun menyirip yang terdapat di daun jati yang Pak Raha tunjukkan.

2. Tulang Daun Melengkung

Selanjutnya, Pak Raha mengambil daun sirih dari tangan Budi. "Perhatikan tulang daun pada daun sirih ini," ujar Pak Raha. "daun yang memilki tulang daun berbentuk seperti garis-garis melengkung dengan ujung-ujung tulang daun yang terlihat menyatu sehingga bentuk daunnya pun cenderung agak melengkung. Nah tulang daun seperti ini disebut tulang daun melengkung"

daun sirih
gambar diambil dari https://yankes.kemkes.go.id/

Budi dan Andi mengamati dengan antusias tulang daun melengkung pada daun sirih yang dipegang oleh Pak Raha.

3. Tulang Daun Menjari

Pak Raha kemudian menunjuk keluar kelas ke arah pohon singkong. "Lihatlah tulang daun pada daun singkong itu anak-anak," kata Pak Raha. "Tulang daunnya berbentuk seperti jari-jari manusia. Nah, Nah tulang daung seperti itu disebut tulang daun menjari."

Budi dan Andi mengamati dengan seksama bentuk daun singkong yang menunjukkan tulang daun menjari.

4. Tulang Daun Sejajar

Terakhir, Pak Raha menunjukkan sehelai daun padi kepada Budi dan Andi. "Perhatikan tulang daun pada daun kelor ini," ujar Pak Raha. "Tulang daunnya terlihat seperti garis-garis lurus yang berjalan sejajar dari pangkal hingga ujung daun. Inilah contoh tulang daun sejajar."

Budi dan Andi memperhatikan dengan cermat tulang daun sejajar pada daun padi yang ditunjukkan oleh Pak Raha.

Setelah menjelaskan keempat macam bentuk tulang daun beserta contohnya, Pak Raha memberikan kesempatan kepada Budi dan Andi untuk mengamati dan mengidentifikasi bentuk tulang daun pada beberapa daun yang ada di sekitar sekolah mereka. Mereka dengan antusias mengamati dan belajar lebih lanjut tentang bentuk tulang daun.

Dengan bimbingan Pak Raha, Budi dan Andi semakin memahami dan mengenali berbagai macam bentuk tulang daun serta contohnya. Mereka merasa senang karena bisa belajar sambil bersenang-senang bersama teman sekelasnya.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Tulang Daun"