Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LEMBAR KEGIATAN SATUAN BAKU DAN SATUAN TIDAK BAKU



PETUNJUK

  • Pastikan kamu mengikuti setiap langkah sesuai yang diinstruksikan dalam lembar kegiatan ini
  • Jawab setiap pertanyaan yang diajukan
  • Laksanakna setiap perintah yang diminta
  • Isilah titik-titik dengan kata atau kalimat yang sesuai
  • Apabila ada kata di dalam kurung yang berbintang (kata a/kata b)* maka pilih salah satu

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi peserta didik dapat menganalisis alasan mengapa dibuat sautan baku.

II. TEORI

Materi pada Lembar Kerja ini bias disini

III. PENGALAMAN BELAJAR

A. Alat dan Bahan

  • Meja
  • Mistar
  • Jengkal tangan

B. Langkah kerja

  1. Persiapkakn meja yang akan diukur
  2. Ukurlah panjang dan lebar meja dengan menggunakan jengkal oleh tiga orang siswa yang berbeda.
  3. Catat hasil pengukuran pada tabel pengamatan
  4. Ukurlah panjang dan lebar meja dengan menggunakan penggarih oleh tiga orang siswa yang sama yang mengukur pada langkah kedua.
  5. Catat hasil pengukuran pada tabel pengamatan

C. Tabel Pengamatan

1. Hasil pengamatan menggunakan jengkal tangan

Besaran yang diukur

Hasil pengukuran

siswa 1

siswa 2

siswa 3

Panjang meja

 

 

 

Lebar meja

 

 

 


2. Hasil pengamatan menggunakan penggaris

Besaran yang diukur

Hasil pengukuran

siswa 1

siswa 2

siswa 3

Panjang meja

 

 

 

Lebar meja

 

 

 


D. Pertanyaan pengamatan

1. Bagaimanakah hasil pengukuran yang diperoleh siswa 1, 2 dan 3 dengan menggunakan jengkal tangan?!

Jawab : hasil pengukuran dengan menggunakan jengkal tangan dari ketiga siswa memperoleh hasil yang (BERBEDA/SAMA)*

2. Bagaimanakah hasil pengukuran yang diperoleh siswa 1, 2 dan 3 dengan menggunakan penggaris?!

Jawab : hasil pengukuran dengan menggunakan penggaris dari ketiga siswa memperoleh hasil yang (BERBEDA/SAMA)*

3. Manakah pengukuran yang menggunakan satuan baku?

Jawab : pengukuran yang menggunakan satuan baku adalah meja yang diukur menggunakan (JARI TANGAN/PENGGARIS)*

4. Apakah perbedaan satuan baku dan satuan tidak baku?

Jawab :  satuan baku adalah ..................................... sedangkan satuan tidak baku adalah ................................................

E. Kesimpulan!

Dari kegiatan pengamatan yang telah kalian lakukan jadi menurutkan kenapa perlu ada satuan baku?

jawab : Satuan baku  perlu ada agar ..................................................................... 


Posting Komentar untuk "LEMBAR KEGIATAN SATUAN BAKU DAN SATUAN TIDAK BAKU"