Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Guru Menurut Ki Hajar Dewantara

Seorang guru harus datang ke sekolah dengan membawa semangat yang positif. semangat seorang guru dalam memulai hari tentu akan merambat pada energi belajar anak-anak. Saat ini atau mungkin sampai nanti murid kita dewasa.


Setiap murid kelak akan menjadi dewasa, menjadi bagian atau bahkan memimpin masyarakat, dan pada akhirnya akan membentuk kebudayaan kita di masa depan. 


Bisa jadi saat ini seorang guru sedang memberi kesempatan murid-murid menyiapkan presentasi untuk dibawakan di depan kelas. Murid-murid dituntun untuk menulis konsep ,menyusun kata-kata,, dan menyampaikan idenya didepan teman-teman sekelasnya.


Beberapa tahun kedepan bisa jadi ada murid ibu dan bapak guru yang berbicara di depan rekan sekantornya saat rapat, berbicara di depan warga memberi penyuluhan, atau bahkan berbicara pada Konferensi Tingkat internasional mewakili negara ini.


Ki hajardewantara menyamakan mendidik anak dengan mendidik rakyat.  menurut Ki Hajar Dewantara, “kehidupan kita saat ini adalah buah dari pendidikan yang kita terima saat kita masih anak-anak”.  begitu pula dengan anak-anak yang saat ini belajar bersama kita, kelak akan menjadi bagian dari masyarakat di masa depan.  


Peranan seorang pendidik sangat besar. hal apapun yang kita lakukan di kelas dari segi memfasilitasi proses belajar, metode kerja kelompok atau hal sekecil ucapan pujian maupun cemoohan yang tidak sengaja terucap akan meninggalkan makna bagi murid-murid, yang kelak akan menjadi bagian dari masyarakat. 


Sejak merancang, memfasilitasi, hingga menilai proses pembelajaran, sebagai guru mesti hadir secara utuh. setiap hal kecil yang kita sampaikan di kelas akan berkontribusi pada kecakapan hidup anak saat dewasa. semua yang  dirancang untuk disimak murid-murid mesti bertujuan. sebab saat mengajar didalam kelas ibu dan bapak guru sebenarnya sedang membentuk masyarakat , membentuk budaya masa depan lewat murid-murid.



keterangan : materi merupakan hasil transkip yang dirangkum dari seri pelatihan merdeka belajar pada platform merdeka mengajar

Posting Komentar untuk "Peran Guru Menurut Ki Hajar Dewantara"