Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL IPA KEMAGNETAN DAN PEMANFAATANNYA KELAS 9 BUKU PAKET IPA KURTILAS


Kemagnetan dan pemanfaatannya merupakan salah satu materi yang dipelajari pada mata pelajaran IPA kelas 9 kurikulum 2013 (untuk melihat rangkuman materinya kamu bisa klik disini). Berikut ini adalah soal pada bab kemagnetan dan pemanfaatannya yang terdapat pada buku paket IPA kelas 9 kurikulum 2013 dari kemendikbud. Setiap soal sudah disertai dengan kunci jawaban dan juga pembahasannya. 

SOAL PG

1. Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah ....
A. magnet U
B. magnet jarum
C. magnet batang
D. magnet ladam

Kunci jawaban : B
Pembahasan : magnet jarum berbentuk pipih, memanjang, dengan kedua ujung kutub-kutubnya melancip. Magnet jarum biasanya digunakan dalam kompas yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi. Medan magnet bumi mengerjakan gaya magnet pada pada jarum kompas, sehingga kutub utara jarum kompas akan menunjuk ke arah kutub selatan magnet bumi atau kutub utara geografis bumi.

2. Perhatikan gambar berikut! 
 

Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya ....
A. bagian b tidak memiliki kutub
B. bagian a memiliki kutub utara dan selatan
C. bagian a hanya akan memiliki kutub utara saja
D. bagian a dan b masing-masing hanya memiliki satu jenis kutub saja

Kunci jawaban : B
Pembahasan : ketika sebuah magnet dipotong menjadi dua atau lebih, maka setiap potongannya akan tetap memiliki dua kutub dan membentuk magnet yang baru.

3. Perhatikan gambar berikut!
 

Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka peristiwa yang akan terjadi pada paku adalah ….
A. paku akan meleleh
B. paku dapat menjadi magnet
C. paku mampu mengalirkan listrik
D. paku tidak mengalami reaksi apapun

Kunci jawaban : B
Pembahasan : Melilit besi dengan kawan kemudian mengalurunya arus listrik DC bisa menjadikan besi yang awalnya tidak memiliki sifat magnet menjadi bersifat magnet. Dua cara lain yang bisa digunakan untuk membuat magnet adalah digosok dan diinduksi oleh magnet tetap.

4. Di kotak ada campuran serbuk besi dan pasir. Cara  yang paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dari pasir adalah ….
A. menggunakan magnet
B. menggunakan kaca pembesar
C. memanaskan campuran tersebut
D. menuangkan air pada campuran tersebut

Kunci jawaban : A
Pembahasan : cara paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dari pasir adalah dengan menggunakan magnet, karena magnet hanya akan menarik serbuk besi dan tidak dapat menarik pasir.

5. Hewan-hewan berikut yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi adalah ….
A. gurita
B. kepiting
C. ikan tuna
D. lobster duri

Kunci jawaban : D
Pembahasan : Lobster duri memanfaatkan magnet bumi untuk melakukan migrasi dari lepas pantai Florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setiap akhir musim gugur.

6. Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara ….
A. emas dan perak
B. emas dan bismut
C. besi dan aluminium
D. tembaga dan bismut

Kunci jawaban : C
Pembahasan : Emas, perak, bismut, dan tembaga termasuk kedalam bahan diamagnetic atau bahan yang tidak ditarik oleh magnet. Sedangkan besi termasuk bahan feromagnetik atau bahan yang ditarik kuat oleh magnet. Sehingga campuran besi dan aluminium akan bisa dipisahkan oleh magnet karena besi dapat tertarik oleh magnet dan aluminium tidak akan tertarik.

7. Perhatikan gambar berikut!
 

Dari keempat gambar tersebut yang menunjukkan jika dua magnet didekatkan akan tolak-menolak adalah gambar ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1, 2, 3, dan 4

Kunci jawaban : C
Pembahasan : kutub magnet sejenis jika didekatkan akan tolak-menolak, sedangkan kutub magnet berbeda jenis akan tarik menarik. 
  • Gambar 1, kutub utara didekatkan dengan kutub utara maka akan saling tolak menolak
  • Gambar 2, kutub utara didekatkan dengan kutub selatan maka akan saling tarik menarik
  • Gambar 3, kutub selatan didekatkan dengan kutub utara maka akan saling tarik menarik
  • Gambar 4, kutub selatan didekatkan dengan kutub selatan maka akan saling tolak menolak

8. Seorang siswa melakukan investigasi untuk menguji kekuatan magnet. Siswa tersebut memiliki beberapa magnet dengan ukuran, bentuk, dan massa yang berbeda. Dia menggunakan magnet untuk mengangkat klip logam. Cara mengukur kekuatan magnet melalui investigasi yang benar adalah dengan menghitung  ….
A. massa magnet yang mengangkat klip logam
B. ukuran magnet yang mengangkat klip logam
C. jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet
D. klip logam yang tetap menempel pada magnet

Kunci jawaban : C
Pembahasan : untuk mengukur kekuatan magnet salah satu praktikum yang dapat dilakukan adalah dengan cara menempelkan klip logam pada magnet dan menghitung berapa banyak klip logam yang dapat diangkat oleh magnet tersebut. Semakin banyak klip logam yang terangkat maka semakin besar pula kekuatan magnetnya.

9. Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik adalah ….
A. kipas angin
B. jam tangan
C. lampu listrik
D. kompor listrik

Kunci jawaban : A
Pembahasan : kipas angin menggunakan mototr listrik, yaitu alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energy kinetic (gerak). Pada motor listrik terdapat kumparan penghantar yang dapat berputar pada medan magnet serta sepasang magnet U berbentuk pipih pada bagian yang diam. Ketika dialiri listrik maka akan membuat kumparan penghantar menjadi bersifat magnet. Sehingga akan menghasilkan gaya tolak menolak antara magnet kumparan dan magnet U. hal tersebutlah yang menyebabkan kipas angina dapat berputar.

10. Perhatikan gambar berikut ini!
 

Arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh ….
A. jumlah lilitan
B. besar medan magnet
C. kecepatan gerak magnet
D. kutub magnet yang dimasukkan

Kunci Jawab : D
Pembahasan : pada gambar diatas menunjukkan bahwa gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh ketub magnet yang dimasukkan. 
  • Ketika kutub U magnet dimasukan kedalam kumparan maka ujung kumparan sebelah kiri akan menjadi kutub kutub U magnet dan ujung kumparan sebelah kanan akan menjadi kutub magnet selatan. dengan demikian arus induksi pada kawat mengalir ke kiri sehingga jarum galvanometer menyimpang ke kanan
  • Ketika magnet ditarik maka kutub U magnet akan menjauhi kumparan dan ujung kumparan sebelah kiri akan menjadi kutub kutub magnet selatan dan ujung kumparan sebelah kanan akan menjadi kutub magnet utara. dengan demikian arus induksi pada kawat mengalir ke kanan sehingga jarum galvanometer menyimpang ke kiri
  • Pada saat magnet di diamkan maka tidak ada arus yang dihasilkan pada kumparan sehingga tidak ada penyimpangan pada jarum galvanometer.
Penyimpangan pada galvanometer akan menunjukkan arah sebaliknya jika kutub magnet batang yang dimasukkan adalah kutub selatan.

SOAL URAIAN

1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol U (utara) dan S (selatan) pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!
 


JAWAB :



2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya. Kompas tersebut diletakkan di dekat sebuah magnet batang seperti gambar di bawah.
 
Gambarkan jarum kompas pada lingkaran di atas dan beri label kutub utara dan selatannya. Jelaskan jawabanmu menggunakan pengetahuanmu tentang magnet!

JAWAB = 

Karena kutub magnet yang berbeda jenis akan saling tarik menarik maka kutub selatan kompas akan berada lebih dekat dengan kutub utara magnet


3. Gambar berikut menunjukkan peristiwa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil. Magnet X dan Y bergerak sampai bersentuhan tetapi magnet Y dan Z tetap terpisah.
 

a. Jelaskan mengapa magnet X dan Y dapat bersentuhan?
b. Jelaskan mengapa magnet Y dan Z tetap terpisah?

JAWAB : 
a. Magnet X dan Y bersentuhan karena kutub yang saling berhadapan berbeda.
b. Magnet Y dan Z tetap terpisah karena kutub yang saling berha dapan sama.


4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Bagaimana Dayu menggunakan batang logam 1 untuk mencari  tahu jika batang logam 2 adalah magnet?
b. Apa yang seharusnya Dayu amati jika batang logam 2 merupakan  magnet?

JAWAB : 
Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Mendekatkan batang 2 ke batang 1. Caranya adalah dengan menguji ujung-ujung batang 2 ke batang 1. Jika salah satu ujung batang 2 menolak ujung batang 1, maka dapat dipastikan batang 2 adalah magnet, karena hanya kutub magnet yang sama jenisnya yang saling tolak-menolak.

b. Gaya tolak-menolak kutub magnet yang sejenis. Gaya tarik benda tidak dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui bahwa benda tersebut magnet atau bukan karena benda feromagnetik juga akan ditarik magnet.


5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!

JAWAB : Kereta maglev merupakan kereta yang mengambang diatas relnya dan didorong oleh magnet bermuatan listrik (motor induksi). Kereta maglev sendiri menerapkan sifat sederhana kutub-kutub magnet, dimana kutub-kutub magnet yang sejenis akan tolak menolak sehingga kereta maglev tersebtu dapat mengambang diatas relnya serta dapat bergerak.

Itulah paket soal IPA untuk SMP kelas 9 pada materi kemagnetan dan pemanfaatannya. Apabila terdapat kekeliruan baik pada soal, kunci jawaban, atau pembahasan silahkan tulis di kolom komentar atau langsung kontak author blog agar bisa segera diperbaiki. Terimakasih. 


PELAJARI LAINNYA

DAFTAR MATERI IPA (KLIK) 
LATIHAN SOAL IPA (KLIK)
CAKRAWALA IPA (KLIK)
SEPUTAR PENDIDIKAN (KLIK)
PENGETAHUAN UMUM (KLIK)

Posting Komentar untuk "KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL IPA KEMAGNETAN DAN PEMANFAATANNYA KELAS 9 BUKU PAKET IPA KURTILAS"