Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengoptimalkan Fungsi Microsoft Power Point untuk Kegiatan Pembelajaran


Dewasa ini penggunaan Microsoft Power Point sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran sudah menjadi hal biasa. Dengan menggunakan Microsoft Power Point pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
Sudah banyak tamplate yang disediakan Microsoft baik offline maupun online yang tentunya dapat menambah keindahan slide yang kita tampilkan. Namun, saya pribadi mencoba untuk membuat tamplate sendiri menggunakan power point agar slide yang saya tampilkan mendapat kesan ekslusif karena hanya saya saja yang pakai.
Membuat tamplate slide Microsoft Power Point tidak begitu sulit sudah banyak sekali tutorial-tutorial yang ada di internet termasuk jika ingin jelas bisa dilihat di youtube. Biasanya pembuatan tamplate menggunakan tool slide master yang sudah disediakan.
Berikut tampilan tamplate Microsoft Power Point yang bisasa saya gunakan untuk mengajar.

Note: disarankan untuk menggunakan aplikasi browsing selain google chrome agar dapat melihat dalam mode full screen. Apabila menginginkan aplikasinya untuk digunakan silahkan kirim email ke pemilik blog

Contoh penerapan tamplate ppt pada materi pembelajaran (bisa didownload):
klik untuk download
PPT tersebut perlu ijin mencajalankan macro agar berfungsi secara optimal.

Selain digunakan sebagai media untuk membuat slide presentasi Microsoft Power Point juga bisa digunakan untuk membuat video atau animasi-animasi sederhana yang tentunya dapat menarik minat siswa dan menunjukkan suatu konsep dengan lebih jelas. Dengan menggunakan file action kita bisa membuat video animasi sederhana dengan cara menyipan file dalam bentuk video. Dibawah ini salah satu hasil karya yang saya buat yang biasanya digunakan untuk kegiatan pembelajaran sekaligus pernah digunakan pada saat penyusunan skripsi.

Terimakasih, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengoptimalkan Fungsi Microsoft Power Point untuk Kegiatan Pembelajaran"