Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RANGKUMAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 PANCASILA DALAM DIRIKU KURIKULUM MERDEKA

 

sejarah perumusan pancasila

A. LAMBANG NEGARA

  • Lambang Negara Indonesia adalah burung garuda
  • Garuda digunakam sebagai lambang Negara kesatuan Republik Indonesia untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan Negara yang kuat.
  • Warna pokok dari Burung Garuda, adalah kuning emas. Warna kuning emas melambangkan keagungan. Bangsa Indonesia senantiasa menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat agung dan luhu
  • Kepala Garuda menghadap atau menengok ke kanan karena kanan adalah lambang kebaikan dan kebenaran.
  • Bagian dada garuda pancasila terdapat perisai yang melambangkan perjuangan dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.
  • Sayap yang masing-masing berbulu 17 lambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu tanggal 17, ekor berbulu 8 melambangkan bulan kemerdekaan Indonesia yaitu bulan agustus, pangkal ekor berbulu 19, dan leher berbulu 45 melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yaitu tahun 1945 jika disatukan maka terbentuk 17 Agustus 1945 yang merupakan waktu bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.
  • Kaki Garuda mencengkeram pita yang di dalamnya terdapat tulisan Bhineka Tunggal Ika yang Berarti “walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua”. Yang merupakan semboyan Negara Indonesia.

  


B. BUTIR PENGAMALAN PANCASILA

Pancasila merupakan dasar negara republik indonesila, beberapa contoh pengamalan setiap sila pada pancasila diantaranya :

1. Ketuhanan yang maha esa

  • Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
  • Hormat menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
  • Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  • Mengakui persamaan derajat 
  • Saling mencintai sesama manusia.
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa.
  • Tidak semena-mena terhadap orang lain.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  • Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  • Berani membela kebenaran dan keadilan.
  • Mengembangkan sikap menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain, karena bangsa Indonesia adalah bagian dari seluruh umat manusia.

3. Persatuan Indonesia

  • Menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.
  • Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
  • Cinta tanah air dan bangsa.
  • Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia.
  • Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

  • Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
  • Meliputi semangat kekeluargaan untuk mencapai mufakat dalam musyawarah.
  • Menerima dan melaksanakan hasil musyawarah dengan iktikad yang baik dan lapang dada.
  • Melakukan musyawarah dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
  • Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

  • Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.
  • Bersikap adil.
  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  • Menghormati hak-hak orang lain.
  • Suka menolong kepada orang lain.
  • Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.
  • Tidak bersifat boros.
  • Tidak bergaya hidup mewah dan berfoya-foya.
  • Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
  • Suka bekerja keras.
  • Menghargai dan mengapresiasi hasil karya orang lain.
  • Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

C. SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA

 

info grafik sejarah perumusan pancasila

info grafik sejarah perumusan pancasila

 


Posting Komentar untuk "RANGKUMAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 PANCASILA DALAM DIRIKU KURIKULUM MERDEKA"