TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA SEMESTER 2
Tujuan pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang perlu guru siapkan dalam penyusunan rapor menggunakan aplikasi erapor atau pun melalui laman rapor merdeka.
Tujuan pembelajaran yang perlu disiapkan perlu diringkas. sehingga dalam satu kaliamat tujuan pembelajaran sudah mampu merepresentasikan suatu pokok bahasan.
Berikut ini akan penulis berikan contoh tujuan pembelajaran versi singkat untuk kelas 4 semester dua. Tujuan Pembelajaran dibawah ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengisi rapor.
BAHASA INDONESIA KELAS 4 SEMESTER 2
BAB 5 BERTUKAN ATAU MEMBAYAR
TP 1. Mencari dan menggunakan informasi; memahami tujuan dan pesan sebuah tulisan, memahami penggunaan tanda baca dalam penulisan angka; serta mampu menulis teks prosedur
BAB 6 SATU TITIK
TP 2. Memahami kosakata baru pada teks; menyampaikan pendapat; memahami perubahan perasaan dalam cerita; serta mampu menggunakan kalimat efektif
BAB 7 ASAL USUL
TP 3. Memahami instruksi melalui audia; mengidentifikasi informasi dalam teks dan gambar, penyampaikan pendapat tentang informasi; membuat teks dengan kata penghubung
BAB 8 SEHATLAH RAGAKU
TP 4. Menyebutkan permasalahan tokoh; menilai kesesuaian; membedakan informasi fakta dan opini; menulis dengan struktur awal-tengah-akhir
BAHASA INGGRIS KELAS 4 SEMESTER 2
UNIT 7 I CAN MAKE FRIED EGG IN THE KITCHEN
TP 1. Merspon pertanyaan tentang aktifitas ruangan
UNIT 8 BE ON TIME
TP 2. Berdialog tetang ponggunaan waktu
UNIT 9 I GO TO SCHOOL AFTER HAVING BREAKFAST
TP 3. Menyebutkan kegiatan sehari-hari menggunakan simple present
UNIT 10 HE ALWAYS GETS UP AT 5 O’CLOCK
TP 4. Mengungkapkan kegiatan sehari-hari dengan menggunaan adverbs of frequency
UNIT 11 HOW DO YOU GO TO SCHOOL
TP 5. Membuat kalimat sederhana tentang kendaraan.
UNIT 12 HE GOES TO SCHOOL BY BIKE
TP 6. Membuat kalimat sederhana tentang kendaraan.
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS 4 SEMESTER 2
BAB 5 CERITA TENTANG DAERAHKU
TP 1. Mencertakan perkembangan sejarah, serta mengidentifikasi kekaayaan alam yang daerah setempat; Menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian
BAB 6 INDONESIA KAYA BUDAYA
TP 2. Mendesripsikan keragaman budaya dan kearifaf lokal, serta mengetahui manfaat dan pelestrariannya
BAB 7 BAGAIMANA MENDAPATKAN SEMUA KEPERLUAN KITA?
TP 3. Menjelaskan alur kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli
BAB 8 MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB
TP 4. Mengidentifikasi norma dan pentingnya norma dalam lingkungan masyarakat
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 4 SEMESTER 2
BAB 6 MARI MENGAJI DAN MENGKAJI Q.S. AT-TĪN DAN HADIS TENTANG SILATURAHMI
TP 1. Memahami kandungan Q.S. At-Tin dan hadits tentang silaturahmi
BAB 7 BERIMAN PADA RASUL-RASUL ALLAH
TP 2. Meyakini adanya Rasul Allah serta menunjukkan sikap berani, juur, dapat dipercaya, dan certas.
BAB 8 AKU ANAK SHOLEH
TP 3. Mennunjukkan sikap toleran dan simpati
BAB 9 MENGENAL SALAT JUM’AT, DLUHA, DAN TAHAJJUD
TP 4. Mempraktikan salat jum’at, dluha, dan tahajjud
BAB 10 KISAH NABI MUHAMMAD SAW, MEMBANGUN KOTA MADINAH
TP 5. Menceritakan kisah Nabi Muhammad saw. membangun Kota Madinah..
MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 1
BAB 11 KALIMAT MATEMATIKA DAN PERHITUNGAN
TP 1. Menggunakan operasi hitung bilangan bulat (substitusi, asosiatif, distribusi) untuk menyelesaiakan masalah
BAB 12 LUAS
TP 2. Memahami arti satuan dan ukuran luas, serta mampu menghitung luas
BAB 13 BILANGAN DESIMAL
TP 3. Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan decimal dan menggunakan sempoa
BAB 14 STRATEGI BERHITUNG
TP 4. Menghitung 1,2 x 3 dan 5,4 : 3 dengan menggunakan diagram dan persamaan
BAB 15 MENYUSUN DATA
TP 5. Mengekspresikan data menggunakan tabel dan diagram
BAB 16 PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN DESIMAL
TP 6. Menggunakan operasi perkalian dan pembagian bilangan desimal
BAB 17 PECAHAN
TP 7. Meyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pecaahan dalam penyebut yang sama
BAB 18 BALOK DAN KUBUS
TP 8. Memahami karakteristik bangun ruang balok dan kubus
BAB 19 PERUBAHAN KUANTITAS SECARA BERSAMAAN
TP 9. Memahami hubungan antara dua besaran yang berubah seiring waktu; serta menyatakan kuatitas menggunakan kalimat, angka, gambar, tabel, dan grafik
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS 4 SEMESTER 2
UNIT 3 MEMBANGUN JARI DIRI DALAM KEBHINEKAAN
TP 1. Memahami keragaman budaya lingkungan sekitar serta cara menyikapinya
UNIT 4 NEGARAKU INDONESIA
TP 2. Memahami makna NKRI dan cara memperkuat keutuhannya
UNIT 5 POLA HIDUP BERGOTONG ROYONG
TP 3. Memahami arti penting bergotongroyong
SENI TEATER KELAS 4 SEMESTER 1
UNIT 3 BERMAIN PERAN DARI CERITA FABEL DAN LEGENDA
TP 1. Memainkan peran cerita fabel dan legenda dengan property yang sesuai
SENI TARI KELAS 4 SEMESTER 1
UNIT 3 MENGENAL TARI MELALUI CERITA RAKYAT
TP 1. Membuat gerak tari berdasarkan cerita fabel, legenda, dan sejarah
SENI RUPA KELAS 4 SEMESTER 1
UNIT 7 KOMIK SEDERHANA TENTANG SAHABAT DAN KELUARGA
TP 1. Membuat komik sederhana tentang sahabat dan keluarga
UNIT 8 MENABUNG PADA CELENGAN INDAH BUATAN SENDIRI
TP 2. membuat celengan dengan menggunakan bahan bahan bekas
UNIT 9 MEMBUAT DAN MENGHIAS LAYANG LAYANG
TP 3. Membuat dan menghias layang - layang
UNIT 10 MEMBUAT WAYANG
TP 4. Membuat dan memaikan wayang secara berkelompok
UNIT 11 MENGHIAS JADWAL PELAJARAN
TP 5. Membuat jadwal pelajaran hias berdasarkan rancangan
UNIT 6 KELAS APRESIASI BERTEMU SENIMAN DAN PENGRAJIN
TP 6. Menuliskan pengalaman dan pemahaman mengenai tentang karya seni dari seorang neniman
SENI MUSIK KELAS 4 SEMESTER 1
UNIT 3 DINAMIKA DAN RAGAM LAGU
TP 1. Memahami perbedaan bunyi berdasarkan dinamikanya dan bermacam-macam lagu berdasarkan kategorinya
UNIT 4 MUSIK KREATIF
TP 2. Memgekplorasi bunyi berdasarkan tinggi rendah nada dan mengolahnya menjadi satu alat musik
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN KELAS 4 SEMESTER 1 dan SEMESTER 2
TP 1. Mempraktikkan dan Memahami variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan tradisional.
TP 2. Memahami dan Mempraktikkan rangkaian pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor aktivitas gerak berirama.
TP 3. Memahami dan Mempraktikkan rangkaian tiga pola gerak dominan dengan konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas senam.
TP 4. Memahami dan Mempraktikkan gerak dasar satu gaya renang dalam dan aktivitas pilihan permainan dan olahraga air.
TP 5. mengetahui prosedur gerak dan mampu mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani untuk Kesehatan
TP 6. memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan pola perilaku hidup sehat.
BAHASA SUNDA KELAS 4 SEMESTER 1 dan SEMESTER 2
TP 1. Memahami informasi dan ide dari tipe teks bebahasa sunda tentang kehidupan sehari-hari
TP 2. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibacakan atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan gambar/ilustrasi.
TP 3. Mampu berbicara sunda dengan pilihan kata dan gestur yang sesuai
TP 4. Mengajukan dan menanggapi pertanyaan berbahasa sunda dalam suatu percakapan atau diskusi
TP 5. Mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan atau diskusi
TP 6. Menceritakan Kembali dalam Bahasa sunda suatu infoemasi yang dibaca atau didengar
TP 7. Terampil menulis tegak bersambung kalimat sederhana dan teks sederhana
TP 8. Menulis teks sederhana berbahasa sunda sesuai dengan kaidah ejaan dan tata Bahasa tentang beragam topik
TRIMAKASIH SANGAT MEMBANTU...
BalasHapus