Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Lingkungan Belajar


sebelum suatu satuan pendidikan mengembangkan kurikulum operasionalnya, diharuskan terlebih dahulu melakukan analisis karakteristik yang menggambarkan keunikan lembaga dan lingkungan belajar. 

Analisis lingkungan belajar ini sangat penting dilakukan agar kurikulum operasional yang dikembangkan bisa sesuai dengan lingkungan tempat sekpoah tersebut berada. Satuan pendidikan perlu menampung aspirasi warga sekolah karena visi dan misi menjadi arah yang dituju oleh seluruh warga satuan pendidikan. 

Dalam menganalisis lingkungan belajar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidikan, diantaranya :

hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisis lingkungan belajar
  • perlibatan perwakilan warga satuan pendidikan (kepala sekolah, guru, murid, dan tenaga kependidikan)
  • penggunaan data-data yang diperoleh dari situasi nyata satuan pendidikan seperti kondisi alam, sosial budaya, sumber pendanaan, sistem dan kebijakan di daerah, kemitraan, dan informasi lain yang sesuai.
  • pengalokasian waktu yang cukup untuk pengumpulan, pegorganisasian, analisis dan dokumentasi data.
  • pemilahan informasi yang relevan dan menyimpulkan untuk mengembangkan strategi atau solusi yang bisa didapat dengan kuesioner, wawancara, diskusi kelompok terpimpin, observasi, maupun menggunakan data lain seperti dari rapor pendidikan.
Selain itu, saat melakukan analisis lingkungan belajar, pastikan visi misi dan tujuan tidak bertentangan dengan kerangka kurikulum yang ditetapkan oleh pusat, yakni 
  • tujuan pendidikan nasional 
  • Profil pelajar Pancasila 
  • struktur kurikulum 
  • prinsip pembelajaran dan asesmen 
  • capaian pembelajaran
(materi ini bersumber dari pelatihan mandiri pada aplikasi merdeka mengajar)

Posting Komentar untuk " Analisis Lingkungan Belajar"