Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Awal Belajar Design dengan Cepat (inspirasi membuat logo)


Hai, Saya ingin bercerita sekaligus berbagi, enggak tau penting atau enggak. Semoga memberi mafaat untuk kita semua.
Ini bermula ketika saya masuk kuliah dan mulai aktif di kegiatan organisasi kemahasiswaan, ya meskipun masih jadi anak bawang. Waktu itu saya melihat teman saya yang mahir menggunakan salah satu software yang sering dipake buat design (Corel Draw). Kayaknya sobat-sobat juga sudah sering dengar. Yupss dari sanalah awal mulanya tekad saya untuk bisa menggunakan CorelDraw muncul. Karena saya yakin kalau orang lain bisa, kenapa kita enggak.

Dari mulai saat itu saya selalu memperhatikan teman saya ketika dia sedang menggunakan software coreldraw ini. Ketika saya perhatikan ternyata menggunakan software tersebut kayaknya si cukup mudah. Perlu digaris bawahi kata KAYAKNYA, yups ini masih awal yah.

Dari sana saya mulai mencari sesuatu yang dapat memaksa agar saya bisa menggunakan software tersebut. Sampai saat dimana waktu itu akan dilaksanakan muskom (musyawaat komisariat) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN sunan Gunung Djati Bandung –organisasi intra kampus yang saya menjadi pengurus didalamnya– yang encananya akan dibahas mengenai penggunaan logo untuk disetiap bidang dan sebagai bahan persiapannya setiap bidang perlu menyiapkan logonya masing-masing.

Waktu itu saya menjabat sebagai Sekretaris Bidang Pengembangan Aparatur Organisasi. Sehingga atas arahan dari ketua bidang saya diminta untuk mempersiapkan rancangan logo tersebut. Disaat bidang lain mungkin ada yang merasa keberatan dengan hal tersebut, saya merasa sangat senang dan bersemangat karen akhirnya ada sesuatu yang bisa memaksa saya untuk bisa belaajar design dengan menggunakan software CorelDraw.

Proses pembuatan logo saya mulai dari mendata karakteristik-karakteristik yang perlu ada di bidang PAO, kemudia setelah itu saya mencari penggambaran dari karakteristik tersebut dalam berbagai hal. Seperti benda, warna, dll. Setelah itu, saya mulai mencari video-video tutorial di youtube dan langsung mengaplikasikannya dengan membuat logo tersebut dan jadilah logo yang menjadi karya pertama saya yang menggunakan software CorelDraw, tentunya saya lengkapi dengan filosofisnya, meskipun pada akhirnya logo tersebut batal digunakan karena keputusan musyawarah menyatakan bahwa penggunaan logo pada setiap bidang itu dibatalkan. Yups tapi tidak apa-apa yang penting dari sana saya mulai bisa belajar design.

Keterangan: kata-kata diatas yang ditulis tebal itu adalah tips-tispsnya Ockeehhh...
Berikut logo beserta filosofisnya tersebut:



Bidang Pengembangan Aparatur Organisasi mempunyai lambang dengan rincian :
1.      Bentuk Gigi Roda : Menyiratkan makna simbolik yang mengambarkan salah satu peran PAO sebagai motor penggerak kinerja pengurus HM-PS Pendidikan Fisika.
2.      Tulisan
·   “Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika” : Merupakan organisasi yang menaungi bidang.
·         “Pengembangan Aparatur Organisasi” : Merupakan identitas bidang
·         “PAO” : Merupakan singkatan dari Pengembangan Aparatur Organisasi
3.      Garis lingkaran : menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan pergerakan bidang secara dinamis dengan penuh konsentrasi disertai ikatan kekeluargaan antar sesama pengurusnya yang sangat kuat.
4.      Delapan Buah Percikan Api : Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan semangat dalam menjalankan amanat dan tanggung jawab dengan jumlah 8 percikan sesuai jumlah bidang yang berada di lingkup HM-PS Pendidikan Fisika.
5.      Simbol Resistor : Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan peran PAO sebagai pengontrol kebijaka - kebijakan organisasi agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa pendidikan fisika serta kebutuhan dari organisasi itu sendiri.
6.      Buku : Menyiratkan makna simbolik yang menggambarkan AD/ART organisasi sebagai pedoman dalam menjalankan tanggung jawab.
7.      Warna
-     Warna Dasar Putih : Mempunyai makna kesetiaan dengan disertai keikhlasan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.
-      Warna merah pada api : Mempunyai makna semangat.
-   Warna biru pada simbol resistor : Mempunyai makna tenang dan professional dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
        -   Warna Hitam pada tulisan  : Mempunyai makna ketaatan, keyakinan serta keteguhan hati.

Thanks sob.

Posting Komentar untuk "Modal Awal Belajar Design dengan Cepat (inspirasi membuat logo)"